10 Cara Ampuh Datangkan kunjungan ke Website Anda

Saturday, March 9, 2013


Makin hari website makin dibutuhkan dan makin banyak saja orang yang punya website sendiri. Sekedar informasi, Segitiga Ilmu sudah beberapa kali menulis buku seputar website, seperti Website Pencetak Uang, Super Market Online Super Oke, The Master Of 3 dan beberapa lainnya yang segera menyusul ^_^

Dengan makin banyaknya jumlah website, maka persaingan untuk jadi yang nomor satu di Google pun jadi makin panas. Tak jarang, ada banyak website yang “mati” (*uihh.. sadis bro) hanya karena tidak ada kunjungan. Bukan cuma websitenya yang mati, bahkan tidak sedikit para penjual produk di internet “gulung tikar” (*kaya nggak ada kerjaan ^_^) karena websitenya sepi kunjungan.

Nah, kali ini Segitiga Ilmu spesial mau bikin artikel yang menupas tentang 10 cara paling efektif mendatangkan kunjungan ke website Anda. Apa saja 10 cara tersebut? Simak artikel ini.

1. Blogwalking

Ini trik yang paling sederhana dan bisa dibilang “sangat mudah”. Blogwalking atau jalan-jalan di blog lain adalah cara yang harus dilakukan setiap orang jika mau ada kunjungan ke website/blognya. Untuk blogwalking usahakan jangan jadi SPAMMER yang cuma bisa nulis komen “nice info Gan”, “nice share bro”, “artikel bagus”, dan berbagai komen murahan lainnya. Namun cobalah beri komentar yang “merangsang” si pemilik blog atau pembaca lainnya untuk berpikir dan makin semangat nge-blog. Misalnya sobat bisa memberi komentar berupa pertanyaan.
2. Tukar Link

Ini adalah tradisi blogger dari jaman batu (*ahh lebay, emang dulu udah ada internet) sampai saat ini. Ya dari awal munculnya blog sekitar akhir dekade 1990-an sampai saat ini link exchanged adalah trik yang harus dilakukan oleh blogger. Tukar link umumnya suka dilakukan oleh blog-blog yang baru lahir dan masih belum punya reputasi di mesin pencari. Nah cobalah untuk banyak bertukar link dengan blog teman-teman Anda, blog setema, atau blog bermanfaat lainnya.

3. Pasang Iklan

Iklan juga merupakan cara yang sering dipakai untuk mendatangkan kunjungan ke website. Mulai dari iklan gratis, hingga iklan berbayar. Nah jika sobat punya budget yang cukup, tidak ada salahnya memasang iklan berbayar dalam waktu tertentu. Misalnya sobat bisa pasang iklan PPC lokal atau jika mungkin cobalah pasang iklan di Google Adsense.

Namun jika tidak punya anggaran yang terlalu besar, maka sobat bisa menggunakan iklan gratis. Ada beberapa layanan iklan gratis yang populer, sobat bisa mencarinya di Google dengan kata kunci “iklan gratis”.

4. Manfaatkan Social Media

Jejaring sosial makin memainkan peranannya di internet. Banyak perusahaan-perusahaan yang sudah punya akun Twitter, banyak sekolah yang udah punya halaman di Facebook. Nah seiring dengan makin banyaknya pengguna jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Youtube maka promosi website lewat social media juga sangat diperlukan.

Bagi temen-temen yang punya banyak followers di Twitter, maka promosi lewat tweet di Twitter itu sangat bagus. Buat temen-temen yang suka di Facebook, maka bisa memanfaatkan halaman Facebook, aplikasi-aplikasi di Facebook, promosi lewat grup dan lain sebagainya.

Nah untuk di Youtube, promosi websitenya bisa dilakukan lewat media video. Umumnya banyak orang yang membuat video tutorial, lalu menyertakan url website mereka di dalam video tersebut. Jika sobat mau bikin video tutorial, silakan pakai software Camtasia Studio.

5. Submit Artikel ke Direktori Artikel

Direktori artikel adalah salah satu sumber traffic yang sangat bagus, banyak orang yang memanfaatkan direktori artikel sebagai jalan untuk mendatangkan traffic ke websitenya. Umumnya direktori artikel punya peringkat yang bagus di mesin pencari, sehingga jumlah visitor mereka juga cukup banyak. Nah ini jelas peluang bagi kita.

Ketika sobat menulis aritkel di blog, cobalah untuk juga mensubmit artikel tersebut ke direktori artikel. Contoh direktori artikel yang cukup terkenal di Indonesia antara lain:

• Infogue.com (favorit saya ^_^).
• LintasBerita.com

Jadi, sobat bisa maksimalkan direktori artikel untuk membantu mendatangkan kunjungan ke website sobat. Biasanya, saya memanfaatkan direktori aritkel untuk menembak keyword yang kadang sulit dicapai oleh blog yang rankingnya masih belum terlalu tinggi.
6. Cantumkan Alamat Website di Setiap Email yang Dikirim

Sobat pasti pernah mengirim email, nah untuk itu lain kali sobat bisa mencantumkan url website di setiap email yang dikirim. Misalnya email ke teman di luar kota, email ke rekan kerja/partner, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pembaca email Anda bisa tahu tentang website Anda, siapa tau website Anda bisa bermanfaat bagi mereka.

7. Jadi Penulis di Media Massa

Buat teman-teman yang punya hobi nulis, maka menulis di media massa adalah salah satu cara mendatangkan traffic yang sangat inovatif. Sobat bisa cari media massa, seperti majalah atau koran yang punya hubungan dengan topik dari website/blog sobat. Di sana sobat bisa kirim artikel atau jika mungkin menjadi penulis tetap di sana.

Biasanya, media massa akan memberi honor jika kita memang dianggap ahli dan rajin nulis di sana. Selain bisa dapet honor, juga bisa promosi website gratis lho.. ^_^

8. Menjadi Penulis Tamu di Blog Lain

Hobi dan kemauan menulis memang salah satu nilai tambah yang harus kita syukuri jika ada dalam diri kita. Dengan menulis kita bisa mengungkapkan perasaan. Bahkan tak sedikit orang yang bisa merasakan manfaat yang besar karena bisa dan sering menulis, misalnya Raditya Dika (*stand up dan penulis comedy favorit saya), Dedik Kurniawan (admin Segitiga Ilmu), SnowClift (*inspirasi dan guru dari para blogger pemula), dan masih banyak lagi.

Menulis juga bisa menjadi cara mendatangkan traffic yang sangat baik. Misalnya sobat bisa menjadi penulis tamu di blog terkenal. Dengan menjadi penulis tamu, sobat bisa mengirim artikel ke blog lain. Dalam artikel tersebut, sobat bisa sertakan url website, email atau jejaring sosial sobat sehingga sobat bisa jadi orang yang terkenal.

Nah ada banyak banyak blog yang menerima penulis tamu, salah satunya Segitiga Ilmu.
9. Menulis dan Mempublikasikan Ebook

Ebook adalah salah satu media publikasi karya tulis yang sangat inovatif. Jika dulu untuk bisa menulis buku, seseorang harus ke penerbit maka sekarang tidak lagi. Sekarang kita bisa menulis ebook dan mempublikasikannya. Kini ebook menjadi salah satu bahan bacaan yang sangat disukai oleh banyak orang.

Seiring dengan makin populernya buku digital (ebook), maka Anda yang suka menulis juga bisa memanfaatkan ebook sebagai sumber traffic ke website Anda. Untuk membuat ebook, Anda bisa menulis naskahnya di aplikasi pengolah kata, seperti Microsoft Word lalu mengconvert naskah tersebut menjadi sebuah ebook berformat pdf dengan menggunakan software pdf converter seperti Bullzip Pdf Printer.

Untuk publikasinya bisa dilakukan lewat blog atau website Anda sendiri. Atau bisa juga melalui berbagai direktori ebook yang ada di internet.

10. Manfaatkan Email Marketing

Email marketing juga merupakan salah satu teknik promosi website yang patut dicoba. Lewat email marketing, kita bisa menggunakan email sebagai sarana mendatangkan kunjungan ke website kita. Gimana sih konsep email marekting itu?

Wes.. tak jelasin dikit ^_^

Email marketing itu bukan tindakan spamming. Sebab jika spamming kita mengirim email secara massal kepada orang yang tidak meminta email, sementara dalam email marketing justru orang yang meminta kiriman email kita.

Nah, jika sobat mau tahu selengkap-lengkapnya tentang konsep dan panduan sukses email marketing, silakan sobat klik disini.

Itu dia 10 trik paling efektif untuk mendatangkan pengunjung ke website Anda. Bagaimana, Anda punya trik lainnya?


Informasi :
Saya sudah menyiapkan ebook khusus, yang berisi 10 tutorial untuk mendatangkan kunjungan ke website Anda. Di ebook tersebut akan dikupas secara lebih mendalam tentang 10 trik yang tadi sudah kita bahas. Silakan download ebook nya di sini.

Sekian dan Terima kasih.



Penulis :

Jefferly Gates
gmjefferly07@gmail.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Segitiga Ilmu | Getaran Ilmu | Bang Tomo
Copyright © 2012. Segitiga Ilmu - All Rights Reserved
Created By Creating Website | Modified SnowClift
powered by Blogger