Gaji Pendiri Google Setahun Masih Kalah Dari Uang Jajan Anak SD Sehari?

Monday, March 10, 2014

Siapa yang tidak mengetahui Google.Inc? Perusahaan asal Amerika yang terkenal dengan mesin pencarinya ini merupakan salah satu perusahaan besar yang merajai mesin pencari di internet sepertinya halnya Yahoo serta Bing.

Tentu dengan menjadi perusahaan besar, banyak orang akan berfikir. Bahwa para pendiri Google ini akan kecipratan uang yang banyak dari perusahaan mereka. Tapi ternyata anggapan banyak orang ini salah besar.

Meskipun berada di pucuk pimpinan Google, nyatanya Sergey Brin dan Larry Page digaji sangat tidak layak oleh perusahaannya.

Seperti yang dilansir oleh CBS News (24/4), dalam sebuah laporan yang dikeluarkan Rabu (24/4) silam, Page dan Brin tercatat hanya digaji USD 1 atau setara Rp 9.700 dalam setahun. Gaji ini pun diketahui sudah mereka terima sejak tahun lalu.

Padahal, jika dilihat, Google sendiri sebenarnya bukanlah perusahaan yang jelek. Malah, Google masih mampu menggaji empat eksekutif top lainnya hingga USD 124 juta atau setara Rp 1,2 triliun per tahun.

Memangnya, ada apa gerangan Google menggaji Bapak Pendirinya sangat murah?

Rupa-rupanya, gaji USD 1 yang sudah mereka terima sejak Google go public (2004) ini meniru apa yang dilakukan oleh petinggi Silicon Valley lainnya. Memang, diketahui bahwa petinggi Apple macam Steve Jobs dan pendiri Yahoo!, Jerry Yang, menaruh semua hartanya yang didapat dari perusahaan untuk membeli saham perusahaannya sendiri.

Jadi, meskipun digaji sangat minim, Page dan Brin masih memiliki kuasa besar di Google. Tercatat, mereka masing-masing menjadi pemegang saham terbesar Google dengan nilai USD 20 miliar atau setara Rp 19,4 triliun per orang.

Apa yang dilakukan oleh Page dan Brin ini sendiri memang unik. Meski menjadi bos, nyatanya gaji mereka per tahun masih kalah dari uang jajan anak SD sehari.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Segitiga Ilmu | Getaran Ilmu | Bang Tomo
Copyright © 2012. Segitiga Ilmu - All Rights Reserved
Created By Creating Website | Modified SnowClift
powered by Blogger