Syarat Menjadi Kopasus yang Harus Dipenuhi Oleh Calon Tentara

Monday, March 10, 2014

Seperti yang kita ketahui. Kopassus, salah satu pasukan elite dunia. Syarat menjadi kopasus tidaklah semudah yang dibayangkan. Sebab, selain dibutuhkan kekuatan jasmani yang baik, seorang calon kopasus dituntut untuk memiliki mental yang baik pula. Tidak mudah mengeluh, tidak cengeng, dan setia kepada negara. Bayangkan, apa jadinya bila anggota Kopasus adalah orang-orang yang cengeng, gampang menyerah, dan mudha terpengaruh? Tentu mereka akan mudah dikelabui oleh musuh dan mudah dihasut.

Perekretuan menjadi seorang Kopasus dilakukan dalam tahap tes yang cukup panjang. Mulai dari tes tertulis, tes psikis, hingga tes fisik wajib dilewati oleh calon Kopasus. Satu tahap saja gagal, maka tidak ada harapan untuk mengikuti tahap selanjutnya.

Ada beberapa kualifikasi syarat menjadi kopasus yang harus dipenuhi oleh calon Kopasus sebelum nantinya ia dinyatakan lulus. Diantaranya adalah sebagai berikut:

    Berhasrat menjadi seorang komando.

Tim penilai sudah sangat terlatih untuk membedakan mana calon Kopasus yang berhasrat komando dan mana yang tidak.

    Harus bersifat agresif

Bersifat agresif disini harus yang bernilai positif. Seorang calon anggota Kopasus nantinya diharapkan gesit dan insiatif tanpa menunggu perintah dari atasan.

    Percaya pada kemampuan diri sendiri

Seorang calon anggota kopasus diharapkan mandiri. Sebab di saat perang, setiap anggota Kopasus harus dapat berdiri tangguh dengan segala kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi.

    Cepat dan tepat dalam mengambil keputusan ( Reactiv Vergomen ).

Pada saat-saat tertentu, anggota Kopasus wajib membuat keputusan secepatnya demi menyelamatkan diri sendiri dan orang lain. Namun, dalam membuat keputusan tetap harus didasarkan pada logika.

    Sederhana

Calon anggota Kopasus wajib membiasakan diri hidup sederhana agar lebih mudah beradaptasi di masa-masa sulit.

    Tekad yang kuat

Calon anggota kopasus wajib memiliki tekad atau kemauan yang keras dalam mencapai tujuan. Sebab, ada beberapa tujuan dalam hidup yang sejatinya baru bisa diwujudkan dengan kerja keras. Tanpa kemauan yang kuat, mustahil seseorang rela bekerja keras.

Dari segi persyaratan fisik, seorang calon anggota Kopasus wajib memenuhi syarat:

    Berbadan sehat, tidak ada riwayat sakit keras.
    Tidak cacat
    Tidak memakai kacamata
    Tinggi minimal 168 cm
    Tidak bertato
    Bukan pengguna narkoba

Itulah syarat menjadi Kopasus yang harus dipenuhi sebelum terpilih menjadi anggota baret merah. Semoga tulisan ini menjadi informasi bermanfaat untuk pembaca.  Untuk anda yang ingin mencari artikel mengenai Kopassus lainnya. Bisa klik link Kopassus ini.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Segitiga Ilmu | Getaran Ilmu | Bang Tomo
Copyright © 2012. Segitiga Ilmu - All Rights Reserved
Created By Creating Website | Modified SnowClift
powered by Blogger