Kota Unik Berbentuk Bintang di Italia

Sunday, March 23, 2014


Italia selama ini memang dikenal dengan pemandangannya yang mengagumkan. Begitu juga dengan kota yang disebut-sebut sebagai kota paling arsitektur di Italia ini. Kota yang bernama Palmanova tersebut memiliki desain yang menakjubkan dengan bentuk seperti bintang berujung sembilan.

Palmanova terletak di timur laut Italia dan berbatasan langsung dengan Negara Slovenia. Palmanova merupakan sebuah kota yang dibangun pada masa Kerajaan Venesia di abad ke-16 dengan tujuan mencegah serangan dari tentara Turki dan Austria.

Menariknya adalah kota ini memiliki desain seperti bintang di tengah-tengah kawasan persawahan. Seorang arsitek bernama Vincezo Scamozzi mengaku butuh waktu selama 100 tahun untuk membuat desain kota ini. Di setiap ujungnya dibangun benteng yang kokoh untuk membuatnya terhubung dengan titik lainnya.

Meski memiliki desain yang menawan namun tak ada satupun orang yang mau tinggal di kota tersebut karena masa kelamnya yang sering dijadikan benteng peperangan. Akhirnya pemerintah Italia mengutus puluhan tahanan untuk tinggal disitu dan diberi beberapa properti rumah. Kini kota Palmanova telah dipadati oleh berbagai penduduk yang kebanyakan bekerja sebagai petani ataupun pengrajin.

Pusat kota Palmanova disebut sebagai Piazza Grande yang memiliki bentuk segi enam sempurna. Kota tersebut dipenuhi dengan berbagai bangunan katedral, museum dan benteng-benteng sejarah lainnya. Kota ini pernah dijadikan sebagai ikon nasional Italia pada tahun 1960 atas perannya menjaga negara saat Perang Dunia.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Segitiga Ilmu | Getaran Ilmu | Bang Tomo
Copyright © 2012. Segitiga Ilmu - All Rights Reserved
Created By Creating Website | Modified SnowClift
powered by Blogger