Kopasus Salah Satu Pasukan Elit Dunia

Monday, March 10, 2014



Dunia mengenal banyak sekali pasukan elite yang mahir dan ahli dalam menjalankan tugas eklusif sebuah negara. Di tiap negara biasanya memiliki minimal satu kesatuan elit yang siap untuk membela martabat sebuah negara. Dan sesuai dengan namanya yakni pasukan elit, maka pasukan atau prajurit dalam kesatuan satu ini berbeda dengan prajurit atau tentara ada umumnya. Pelatihan dan penjaringan khusus selalu diterapkan, sehingga hanya sedikit sekali dari banyak prajurit atau tentara sebuah negara bisa menjadi anggota dari sebuah pasukan elit sebuah negara.

Salah satu kesatuan elit sebuah negara yang ada di dunia tersebut adalah Kopassus. Kopassus merupakan pasukan elit milik bangsa Indonesia, menurut Discovery Channel Military yang dirilis pada tahun 2008 Kopassus menempati urutan ketiga dari banyak pasukan elit milik banyak negara di dunia. Pencapaian tinggi Kopassus ini tidak terlepas dari skill, ketahanan, daya tempur, kekuatan Kopassus yang lebih tinggi dari pada pasukan elit lainnya. Pasukan elit posisi pertama diduduki oleh SAS milik negara Inggris, kemudian pasukan elit yang menempati posisi kedua adalah MOSSAD yang merupakan pasukan elit dari Israel.

Kelebihan Kopassus yang bisa menyeruak ke posisi ketiga bahkan sampai menggeser posisi pasukan elit Amerika Serikat versi Discovery Channel Military tersebut karena  Kopassus tidak banyak mengandalkan peralatan canggih dan modern seperti halnya pasukan elit Amerika. Ketangguhan dan kebesaran pasukan elit Amerika didukung oleh banyak perlangkapan modern yang senantiasa membantu mereka yang memudahkan dalam melakukan operasi sementara Kopassus tidak banyak mengandalkan kemampuan modern tetapi banyak menampilkan kemampuan individu yang murni hasil dari kemampuan sendiri.

Karena memiliki kemampuan yang mumpuni tersebut maka wajar kiranya jika Kopassus banyak menjadi rujukan dan digunakan sebagai salah satu contoh untuk pasukan elit di negara lainnya. Diantaranya adalah negara-negara di Afrika utara dan Barat sering menjadikan Kopassus sebagai rujukan dalam pembentukan pasukan elit negara mereka, mereka menggandeng Kopassus sebagai pelatih bagi pasukan elit mereka. Selain dari beberapa negara di Afrika tersebut, Kopassus juga dipercaya untuk melatih pasukan paspampres negara Kamboja.

Namun walaupun memiliki banyak catatan prestasi, Kopassus juga tidak lepas dari masalah mereka tersandung kasus penyerangan Cebongan.  Banyak yang menghujat pekerjaan Kopassus yang sudah menghabiskan nyawa para preman di Lp tersebut namun banyak juga yang bersimpati dan memberikan dukungan akibat dari lemahnya instiusi hukum di Yogya yang membuat preman merajalela. Banyak juga yang beranggapan bahwa kasus di LP Cebongan yang melibatkan Kopassus terlalu di politisasi sehingga mengalihkan perhatian masyarakat kepada kasus yang lebih besar di Jakarta, tetapi semua masih dalam ranah abu-abu dan merupakan suatu hal yang mustahil bagi kita orang awam untuk bisa mengetahuinya. Tetapi terlepas dari semua kontroversi dan tindak tanduknya kita patut berbangga memiliki satu kesatuan elit yang diakui hebat di dunia dan semoga kedepannya bisa lebih baik lagi dalam menjalankan tugas dan wewenangnya.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Segitiga Ilmu | Getaran Ilmu | Bang Tomo
Copyright © 2012. Segitiga Ilmu - All Rights Reserved
Created By Creating Website | Modified SnowClift
powered by Blogger