4 Tips Turunkan Kolesterol Jahat yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

Monday, February 4, 2013

Kolesterol sangat penting bagi tubuh jika masih dalam kadar yang sesuai, namun jika terlalu banyak justru dapat menyebabkan penyakit-penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke dan lainnya. Untuk mengatasi kadar kolesterol yang tinggi, tips-tips dari Health Me Up berikut dapat Anda coba:

1. Berhenti Merokok
Jika Anda seorang perokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik dan waktu yang sama meningkatkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, perokok juga dapat mengalami jantung berdebar yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

2. Banyak Berolahraga
Olahraga adalah solusi terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol yang cukup tinggi. Para ahli menyatakan, olahraga selama 40-60 menit perhari akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat sekitar 5-10% dan meningkatkan kolesterol baik hingga 3-6%. Untuk itu, lakukan aktivitas fisik yang intens seperti jogging, aerobik, pilates, latihan cardio atau latihan yang lainnya secara rutin. Minimal tiga kali seminggu.

3. Perhatikan Konsumsi Makanan
Untuk mengurangi kolesterol, Anda harus mulai menjaga asupan makanan. Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans dari menu Anda. Seperti daging berlemak, kuning telur, gorengan, seluruh susu produk susu dan produk makanan yang dipanggang. Asupan harian yang direkomendasikan untuk konsumsi lemak jenuh adalah 20 gram atau kurang, jadi waspadalah terhadap makanan yang mengandung tingkat lemak jenuh atau trans yang tinggi dan pastikan Anda tetap di bawah level harian yang direkomendasikan.

4. Turunkan Berat Badan
Jika berat badan sudah tergolong obesitas, sebaiknya segera mulai program diet sehat. Untuk memulainya, Anda bisa membuat menu makanan sehat, dan lakukan olahraga ringan seperti berjalan, latihan beban, aerobik, bersepeda, ataupun yoga. Tak hanya baik untuk diet, tapi juga membantu menurunkan kolesterol jahat.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Segitiga Ilmu | Getaran Ilmu | Bang Tomo
Copyright © 2012. Segitiga Ilmu - All Rights Reserved
Created By Creating Website | Modified SnowClift
powered by Blogger