5 Trik Dewa Mencari Ide Menulis Di Blog

Saturday, March 9, 2013


Hai sobat Segitiga Ilmu yang kualitas pribadinya menentukan kualitas rejekinya ^_^

Apa kabar?

Mudah-mudahan kita senantiasa dalam rahmat Tuhan Yang Maha Kasih, sehingga kita selalu berbahagia dan bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Amin.

*pembukaan artikelnya persis kaya acara Mario Teguh Golden Ways ^_^.
Super sekali.

Sebelumnya, Segitiga Ilmu mohon maaf lama sekali tidak udpate artikel, dikarenakan kesibukan sang admin yang punya “project” besar, kemudian teman-teman yang biasa nulis di Segitiga Ilmu juga pada sibuk mengerjakan buku-buku karyanya, plus rutinitasnya masing-masing, dan banyak sekali hal yang membuat blog ini sempat tidak terurus lebih dari satu minggu. Tuh.. ada jaring laba-laba di headernya, karena satu minggu gak diurus (hallahh lebayy..)

Oke bicara soal blog, maka identik dengan yang namanya nulis. Nulis itu susah gak sihh sobb? Kalau Anda sudah terbiasa menulis, maka menulis itu bagaikan nutrisi yang setiap hari dibutuhkan tubuh. Tapi jika jarang menulis, maka menulis bisa seperti mengangkat Mas AdeRai keliling lapangan basket 10 kali (baca : sulit ^_^).

Salah satu media yang sering kita gunakan untuk menulis adalah blog. Blog atau web log memang sudah menjadi media tulis menulis dan publikasi bagi banyak orang, sebut saja Raditya Dika, Arif ‘Poconggg’, mereka adalah orang yang terkenal karena berawal dari menulis di blog. Dan taukah sobat bahwa jumlah blogger ini sangat banyak di Indonesia.

Di artikel kali ini, Segitiga Ilmu ingin share seputar “5 Trik Santai Untuk Mencari Ide Menulis di Blog”. Tak jarang krisis ide melanda banyak blogger ketika hendak menulis di blognya, alhasil produktivitas tulisan jadi menurun dan dampaknya menurun pulalah traffic blog yang dimiliki. Tak jarang pula para Blogger Mania yang mau menempuh "Jalan Belakang" (hhhaaaaahhhh apaan tuhhh Jalan Belakang....Jangan ngeres ahhh ^_^) dalam mengupdate Blognya walaupun tulisan yang ditampilkan dan diupdate adalah hasil dari Copas alias COPY - PASTE. Kami sebagai tim kreatif Segitiga Ilmu juga seringkali melihat dan meneliti bahwa ada banyak sekali artikel dari Segitiga Ilmu yang MENTAH-MENTAH di Copas tanpa Izin dan tanpa pula dicantumkan link aktif yang mengarah kesini.

Namun kami benar-benar memahami dan menyadari atas perlakuan yang kurang pantas tersebut. Sejujurnya kami sedih sekaligus bangga dan senang atas artikel yang di Copas tersebut....(lhoooo gimana sih, kok sedih dan bangga??) Iya, kami sedih atas artikel yang telah kami buat dengan susah payah telah di Copas dengan Mentah-Mentah namun kami juga bangga karena berarti banyak suka dengan isi blog sederhana ini dan tulisan yang telah kami buat...mudah-mudahan bermanfaat ^_^

Pesan kami hanya satu bagi para Copaser (Sebutan bagi tukang Copy Paste ^_^), mohon izin dulu kepada kami jika mau Copas atau jika tidak mau izin maka mohon berikan link aktif yang mengarah ke Blog ini pada akhir artikel yang anda Copas ^_^

Wahhhh....tulisannya kok malah jadi curhat yah ^_^ kita kembali ke pokok bahasan aja yah.....

Untuk itu ini dia 5 trik santai untuk mencari ide menulis di blog.

1. Berkunjunglah ke Perpustakaan atau Toko Buku


Perpustakaan dan toko buku adalah surganya buku, beragam buku bisa Anda temui. Nah dengan melihat banyak judul buku di perpustakaan atau toko buku maka kita bisa “terangsang” untuk berpikir dan melahirkan beberapa ide-ide menarik untuk diangkat menjadi postingan di blog. Percaya atau tidak, coba deh sobat jalan-jalan ke toko buku, liat buku-buku yang ada maka pasti akan ada tuh ide yang nyangkut di kepala sobat.

Saya pribadi, kalau jalan-jalan ke perpustakaan maka pasti akan selalu menemukan ide baru. Entah untuk dijadikan buku, dijadikan ide buat nulis cerpen, ide untuk nulis blog atau bahkan ide untuk nge-gombalin orang yang saya taksir ^_^ (*indahnya dunia ketika jatuh cinta). Oke deh, balik lagi ke artikel, mulai sekarang sobat bisa rajin-rajin kunjungi perpustakaan di kampusnya atau di sekolahnya untuk menemukan ide-ide segar untuk ditulis di blog.

2. Baca Buku

Siapa yang meragukan bahwa buku adalah jendela ilmu? Tidak ada kan. Membaca buku adalah suatu kegiatan positif yang perlu dilakukan setiap orang. Termasuk bagi Anda para blogger. Membaca buku tidakla harus buku yang berat-berat, melainkan bisa mencoba membaca buku yang bertema ringan, seperti buku komedi Raditya Dika, buku-buku novel yang lagi jadi trending topic dan seterusnya. Buku menyimpan sejuta pesona yang akan membuat pikiran Anda menjadi lebih segar, sehingga ide menulis bisa ditemukan dengan mudah.


Atau direkomendasikan supaya Anda membaca buku yang topiknya berhubungan dengan blog Anda. Contohnya jika blog Anda topiknya seputar toko online, maka Anda bisa menocba membaca buku seputar toko online, seperti buku Membangun Toko Online dengan Blogger. Atau jika blog Anda membahas seputar pemasaran lewat Facebook, maka buku seperti Buku Pintar Facebook dan Twitter Marketing cocok sekali untuk Anda jadikan sebagai sumber ide menulis di blog Anda.

*maaf kayanya barusan ada yang promosi yah ^_^ peaceee…

3. Manfaatkan Google Insights

Google insights adalah salah satu tools di internet yang bisa Anda lakukan untuk berburu ide posting blog. Google insights memungkinkan Anda untuk melihat topik apa yang sedang jadi trend dalam pencarian Google. Cara memanfaatkan Google insights sangat mudah, Anda tidak mendatangi http://www.google.com/insights/search/ lalu memanfaatkan fasilitas pencarian yang ada untuk melihat hal-hal apa saja yang sedang populer dalam pencari Google dalam kurun waktu tertentu, seperti 7 hari terakhir, sebulan terakhir, dan seterusnya.

4. Datangi Blog Yang Memiliki Topik yang Mirip Dengan Blog Anda

Mendatangi blog tetangga yang saingan kita juga perlu untuk dilakukan, selain bisa melihat sebatas mana inovasi yang dilakukan pesaing kita, kita juga bisa berburu ide menulis dari sana. Misalnya blog Anda membahas seputar Photoshop, maka Anda bisa mengunjungi blog yang juga membahas seputar Photoshop, mungkin saja ada trik tersembunyi yang bisa Anda pelajari untuk kemudian Anda tulis di blog Anda.

Selain mengunjungi blog itu, Anda juga bisa blogwalking di sana. Berkomentarlah dengan baik, lalu mungkin saja si empunya pemilik blog tertarik mengunjungi blog Anda.

5. Lihat Trending Topic

Topik yang sedang jadi trend juga bisa menjadi salah satu sarana mencari ide menulis yang perlu untuk Anda coba. Dengan kemajuan jaman, ada banyak media yang bisa Anda manfaatkan utuk mencari tahu apa yang sedang jadi trend, seperti trend di jejaring sosial, trend di situs social bookmarking, trend di Youtube dan lain sebagainya.

Misalnya Anda bisa mengunjungi situs direktori artikel atau social bookmark, seperti Lintas.me atau InfoGue.com lalu mencari artikel untuk dibaca di sana, dari sanalah tak jarang akan muncul ide menulis yang menyegarkan. Bagi yang sering online di Twitter, maka Anda bisa melihat-lihat apa saja yang lagi jadi trend di Twitter, lalu mempostingnya di blog Anda.

Sebenarnya masih ada banyak cara lain yang bisa Anda gunakan untuk berburu ide menulis di blog. Namun rasanya cukup sekian dulu saja yah. Bagi teman-teman yang ingin menambahkan silakan tambahkan lewat kotak komentar yang tersedia. Pesan kami, nikmatilah kegiatan menulis itu, sebab dari sana akan muncul hal-hal yang sebelumnya tidak Anda duga.

Sekian artikel ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Salam Super



Penulis : Jefferly Helianthusonfri
Buku : Membangun Toko Online Dengan Blogger
Email : gmjefferly07@gmail.com
Website : www.blogmotivasi.com
Blog : http://www.jefferlygates.com/
Share this article :

1 comment:

  1. terima kasih, sangat bermanfaat sekali,
    salam super :)

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda, Semuanya Akan Saya Balas Dengan Backlink Gratis Di Blog Doffolow Saya,, Tapi Ingat Berkomentarlah Dengan Sopan Dan Wajar,,, Salam hangat Segitiga Ilmu...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Segitiga Ilmu | Getaran Ilmu | Bang Tomo
Copyright © 2012. Segitiga Ilmu - All Rights Reserved
Created By Creating Website | Modified SnowClift
powered by Blogger