6 Trik Dewa Memaksimalkan SEO

Saturday, March 9, 2013


SEO memang tidak pernah habis untuk dibicarakan. Bicara soal SEO, jelas SEO tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya blog atau website. Nah kali ini Segitiga Ilmu akan kembali memposting artikel seputar SEO.

Jika dibeberapa artikel yang lalu Segitiga Ilmu sudah sempat membahas seputar Tips SEO dengan Google Ping, 10 Cara Ampuh Mendatangkan Kunjungan ke Website Anda, maka giliran kali ini Segitiga Ilmu akan membahas seputar Tips Memaksimalkan SEO. Apa saja trik dan tips supaya bisa memaksimalkan SEO? Simak artikel berikut ini.

1. Meningkatkan Kualitas Informasi (Artikel) di Website/Blog Anda

Ketika orang datan ke website/blog Anda, apa yang mereka cari? Ya informasi.
Untuk itu menjadi blogger yang bermanfaat adalah hal nomor satu dalam SEO. Sehabat apapun SEO Anda, jika blog Anda tidak bermanfaat, maka rasanya tidak akan berarti banyak.

Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan supaya SEO Anda maksimal adalah dengan memperbanyak artikel berkualitas dan informatif di blog Anda. Jika pengunjung yang datang suka dengan blog Anda, maka sudah pasti mereka akan mendatangi lagi blog Anda. Intinya, buatlah blog Anda bermanfaat bagi sesama ^_^ (kata Pak Mario Teguh : jadilah pribadi yang bermanfaat bagi sesama *super sekali).

2. Memperbanyak Backlink Berkualitas

Backlink merupakan salah satu senjata utama dalam SEO. Ada yang bilang kalau konten is the king, and backlink is the queen (*baru ngomong kaya gitu, saya serasa jadi bule ^_^). Namun hal tersebut memang sangat benar. Jika di tips nomor satu kita diajak untuk memperbanyak artikel bermanfaat di blog, maka cara kedua adalah dengan memperbanyak backlink berkualitas.

Kenapa backlink berkualitas? Sebab Google sangat suka dengan blog yang mendapatkan banyak backlink yang berkualitas.

Lalu, muncul pertanyaan, bagaimanakah cara mendapatkan backlink yang berkualitas?

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Namun cara yang sederhana adalah dengan bertukar link dan berkomentar dengan blog yang punya relevansi (kemiripan) dengan tema dari blog kita. Misalnya blog Anda membahas seputar artikel kesehatan anak, maka Anda bisa bertukar link dengan blog yang juga membahas seputar kesetahan, misalnya kesehatan ibu-ibu. Intinya, kualitas backlink.

3. Menggunakan Plugin SEO Tambahan

Bagi Anda yang nge-blog dengan menggunakan CMS WordPress, maka plugin SEO sangat-sangatlah diperlukan. Di internet, sudah tersedia banyak sekali plugin SEO yang bisa Anda maksimalkan untuk mengoptimalkan SEO yang Anda lakukan.

Jika Anda tertarik memakai plugin SEO untuk blog WordPress Anda, maka artikel 7 Plugin SEO Terbaik mungkin bisa menjadi referensi Anda dalam memilih plugin untuk memaksimalkan SEO Anda.

4. Memanfaatkan Direktori Artikel

Direktori artikel juga sangat penting untuk Anda gunakan sebagai salah satu tools (alat) pendukung SEO Anda. Lewat direktori artikel, Anda bisa mengupload (mensubmit artikel) blog Anda untuk ditampilkan di direktori artikel tersebut. Lalu dari sana, pembaca artikel Anda di direktori artikel bisa datang ke website/blog Anda.

Direktori artikel sendiri digunakan lebih kepada kepentingan memperkuat posisi SERP (search engine results page) dari artikel Anda di mesin pencari. Cara ini bisa terbilang cukup efektif, dan sangat luar biasa. Jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mencobanya. Selain itu, dengan mensubmit artikel ke direktori artikel maka Anda akan mendapatkan link gratis yang mengarah ke website/blog Anda. Lumayan lho ^_^.

Nah, direktori artikel sendiri sudah cukup banyak di Indonesia, contohnya :


Manfaatkan saja dua direktori artikel di atas, maka saya yakin hasilnya akan baik bagi SEO yang Anda lakukan.

5. Manfaatkan Berbagai Tools Pendukung SEO

Di internet ada banyak tools pendukung untuk SEO yang Anda lakukan. Salah satunya adalah Google Keyword Tool. Dengan tool tersebut, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Google Keyword Tool bisa Anda manfaatkan untuk menganalisis sebuah kata kunci untuk mengetahui tingkat persaingan dan popularitasnya di mesin pencari. Tools ini akan sangat bermanfaat untuk membantu Anda membuat artikel yang bisa ranking satu di Google.

Berikut cara menggunakan tools ini.
  • Tentukan artikel yang ingin Anda buat, mohon Anda tentukan kata kuncinya. Misalnya di sini saya akan membuat artikel seputar “penghasilan online PPC”, maka kata kunci yang saya pilih adalah bisnis PPC.
  • Setelah itu, silakan kunjungi https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal. Lalu akan terbuka halaman dari Google Keyword Tool.
  • Isi kolom “kata atau frasa” dengan kata kunci yang ingin dianalisis. Kolom situs web bisa diisi dengan www.google.com. Jangan lupa untuk memasukkan verifikasi kata yang diminta. Setelah itu klik tombol Telusuri.
  • Selanjutnya akan tampil hasil analisis kata kunci yang Anda pilih.


Silakan Anda amati tingkat persaingannya, jika memang rendah maka artinya Anda berpeluang untuk menjadi nomor satu di Google untuk kata kunci tersebut. Usahakan supaya Anda bisa menjadi nomor satu untuk kata kunci tersebut. Namun jika tingkat persaingannya tinggi tentu saja harus ada usaha maksimal yang Anda lakukan, salah satunya adalah dengan melakukan submit artikel ke direktori artikel seperti yang sudah saya jelaskan.

Sebenarnya tidak hanya Google Keyword Tool saja yang bisa menjadi tools pendukung SEO Anda, masih ada tool seperti Google Insights, Google Trends, dan lain sebagainya.
Namun tools-tools lainnya akan kita bahas pada artikel SEO berikutnya ^_^.

6. Banyak Belajar dan Terus Berdo’a

SEO adalah ilmu yang dinamis dan terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Jadi kita harus selalu banyak belajar dan membaca artikel/buku-buku seputar SEO, dengan banyak informasi SEO yang kita dapatkan, maka makin banyak trik SEO yang bisa kita lakukan untuk memperbanyak jumlah kunjungan ke website kita. So, never stop learning sobat.

Dan jangan lupa sama yang di Atas (*atas gw genteng sob :D). Hehehe, maksud saya adalah ingat sama Tuhan. Sehebat apapun Anda, jangan lupa berdoa dan memohon supaya terus diijinkan oleh Tuhan untuk terus belajar. Mintalah hanya pada Tuhan, jadi jangan ragu untuk meminta supaya blog Anda ranking 1 di Google, tapi harus kerja keras dong ^_^.

Ke enam tips (trik) yang baru saja disebutkan di atas bukan cuma “isapan jempol” belaka, namun sudah terbukti. Berikut 2 artikel saya yang sukses ranking satu dan dua di Google dengan tingkat persaingan yang lumayan tinggi.


Ranking 1 dengan kata kunci “plugin SEO terbaik” dari 3.270.000 hasil


Ranking 2 dengan kata kunci “cara pemasaran dengan Twitter” dari 21.400.000 hasil


Masih ada banyak hasil sukses lainnya. Tapi cukup dua sajalah., sebab yang lebih penting adalah supaya blog sobat Segitiga Ilmu sekalian menjadi makin ramai dan SEO nya makin sukses ^_^.

Baiklah sobat Segitiga Ilmu, sekian sharing seputar tips mengoptimalkan SEO kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikannya lewat kotak kometar di bawah.



Salam Super,




Penulis : Jefferly Helianthusonfri
Buku : Membangun Toko Online Dengan Blogger
Email : gmjefferly07@gmail.com
Website : http://linggau-blogservice.com
Blog : http://www.jefferlygates.com/
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Segitiga Ilmu | Getaran Ilmu | Bang Tomo
Copyright © 2012. Segitiga Ilmu - All Rights Reserved
Created By Creating Website | Modified SnowClift
powered by Blogger