10 Program Untuk Membuat Kreatifitas Menulis

Tuesday, April 2, 2013



Jika Anda berharap untuk menulis novel yang Anda sudah terfikirkan selama bertahun-tahun, maka yang bisa hanya Anda lakukan adalah mungkin dengan mengetik pada pengolah kata favorit Anda. Namun, dalam prakteknya hal semacam itu tidak sesederhana yang diucapkan. Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu catatan mengambil dan mengatur ide-ide Anda.


Maka dari itu diperlukanlah suatu alat yang lebih andal dan cekatan dalam menyusun novel atau cerita yang Anda buat. Nah, berikut adalah 10 Program Untuk Membuat Kreatifitas Menulis :

1. LibreOffice Writer
Auto-completion, auto-format dan pekerjaan spell checker ketika Anda menulis, memberikan hasil yang besar dengan kerumitan minimal, sehingaa Aplikasi ini pun sangat cocok digunakan untuk menulis.
2. TheSage
TheSage adalah software kamus dan tesaurus yang sangat kuat dan sudah sangat sempurna. Aplikasi ini dapat mendeteksi berbagai kata yang nanti akan Anda buat, dan juga memberikan pengarahan kata yang akurat, semisal setiap sinonim hypernyms, hyponyms dan meronyms. TheSage juga menawarkan alternatif pencarian Google, jika Anda mendapatkan sesuatu kesalahan. Dan program ini bahkan dapat menjalankan pencarian web pada istilah di Wikipedia, Wiktionary dan Google.
3. Sigil
Sigil adalah editor EPUB mampu membuat fitur penting.Terdapat alat pencarian yang kuat yang membantu Anda untuk memperbarui teks dan format, alat untuk membuat daftar isi dan indeks memberikan proyek Anda sentuhan profesional, dan FlightCrew dibundel EPUB validator yang memeriksa bahwa buku Anda sesuai dengan standar EPUB.
4. TreeSheets
TreeSheets adalah program catatan menarik yang mengambil pendekatan yang tidak biasa untuk mengorganisir ide-ide Anda. Ia bekerja sedikit seperti spreadsheet, namun setiap sel dapat berisi banyak data, gambar, teks diformat dan banyak lagi.
5. Kiwix
Anda sudah sibuk pada sebuah proyek penting, dan perlu mencari sesuatu. Lalu Anda beralih ke web, namun koneksi internet Anda sedang lambat.Jangan khawatir, karena Kiwix bisa membantu kesulitan Anda itu.
Jika anda telah menginstal dan mengatur Kiwix terlebih dahulu maka ini tidak harus menjadi bencana. Itu karena program ini memungkinkan Anda untuk men-download sejumlah konten besar seperti semua teks dari halaman Wikipedia (meskipun ada gambar) untuk melihat secara offline.
Anda harus bersabar pada awalnya, karena ini adalah download besar (5-10GB). Dan mereka hanya diperbarui setiap tahun atau lebih. Tetapi file ini juga akan mudah diakses, apa pun keadaan koneksi internet Anda, itu bisa menjadi benar-benar berguna.
6. Storybook
Storybook adalah aplikasi serbaguna yang bertujuan untuk membantu Anda membentuk struktur novel, naskah atau karya tulis lain yang kompleks. Anda akan mulai dengan membuat alur, satu untuk masing-masing plotline. Ini memiliki beberapa adegan, menceritakan kisah Anda. Setiap adegan akan diatur di lokasi yang ditentukan, dengan pilihan karakter atau item. Dan Anda dapat menambahkan, mengedit atau mengatur ulang semua ini kapan pun Anda suka.
7. WikidPad
Wikidpad memungkinkan Anda untuk membuat tulisan misalnya, cukup Anda ketikkan nama satu kata lalu WikidPad pun otomatis akan mengubah kata-kata Anda menjadi link.
8. FocusWriter
Jika Anda membutuhkan kekuatan editing nyata, maka, FocusWriter tidak akan untuk Anda. Tetapi jika Anda hanya perlu menulis, dan akan memilah-milah semua kompleksitas tata letak kemudian, pendekatan bebas gangguan bisa membantu.
9. yWriter5
YWriter5 adalah alat kecil tapi sangat komprehensif yang membantu Anda untuk merencanakan novel Anda.
10. Evernote
Program ini memungkinkan Anda untuk membuat catatan rinci, dengan format dan gambar, dan menyimpannya ke account online Anda. Anda juga dapat merekam konten web: URL, potongan teks, satu halaman penuh. Evernote berjalan pada hampir semua platform yang ada pada Windows, Mac, iPad, iPhone, Android, Blackberry, Windows Phone dan banyak lagi dan dapat digunakan dari browser untuk orang lain.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Segitiga Ilmu | Getaran Ilmu | Bang Tomo
Copyright © 2012. Segitiga Ilmu - All Rights Reserved
Created By Creating Website | Modified SnowClift
powered by Blogger