Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Lagu

Wednesday, April 17, 2013

Pernahkah anda terpikir untuk menghilangkan suara vokal pada lagu? baik untuk sekedar bersenang-senang bernyayi dengan diiringi musik saja(karokean). kalau saya sendiri untuk jenis lagu tertentu kadang lebih suka hanya mendengarkan musiknya saja(tanpa bernyayi, karena saya tidak pandai bernyayi :D)

Suara vokal pada lagu memang tidak benar-benar menghilang, lebih tepatnya kita hanya melakukan reduce vocal saja. dan mungkin pada sebagian lagu cara ini tidak akan bekerja dengan baik biasanya pada lagu tipe rock(keras) atau pop yang sudah sangat mix antara musik dan vokalnya.

Jika anda menggunakan perangkat CD/DVD player biasanya ada disertakan fiktur untuk menghilangkan vokal lagu, lebih tepatnya untuk karoke(dengan cd/dvd yang mendukung). Tetapi yang saya tulis disini pada perangkat komputer menggunakan program winamp player. dengan jenis ekstensi .mp3 .mp4 .wma dan lainnya yang support dengan winamp(baca: cara membuka berbagai jenis ekstensi file).

Oke langsung saja saya paparkan bagaimana cara menghilangkan vokal pada lagu! Pertama jalankan winamp pada komputer anda(jika belum punya silahkan download di www.winamp.com ) kemudian tekan Ctrl+P, maka akan terbuka jendela Winamp Preferences.

Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Lagu

Pada kotak sebelah kiri scroll kebawah dan klik DSP/Effect. pilih 'Nullsoft Signal Process......' Seperti pada gambar diatas. kemudian klik Configure active plug-in.

Kemudian pada jendela yang terbuka pilih Load lalu pada Load Preset pilih 'justin - stupid stereo voice removal.sps' dan klik Open seperti gambar dibawah ini.

Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Lagu
Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Lagu

Beri centang pada Enable processing, klik Show Editor dan atur seperti gambar di bawah ini. jika sudah klik tanda silang merah dipojok kanan atas untuk keluar. kemudian klik Close pada tampilan Winamp Preferences.

Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Lagu

Sekarang coba mainkan musik anda, suara vokal tidak akan tampak lagi. Sekali lagi tidak semua jenis lagu dapat di reduce vocal dengan baik. Selamat mencoba!
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Segitiga Ilmu | Getaran Ilmu | Bang Tomo
Copyright © 2012. Segitiga Ilmu - All Rights Reserved
Created By Creating Website | Modified SnowClift
powered by Blogger