Cara Backup Driver Dengan Driver Genius

Thursday, May 2, 2013


Driver menjadi suatu yang sangat berarti bagi pengguna PC. Bagaimana tidak, PC tidak akan berjalan optimal tanpa driver yang tepat. Walaupun sistem operasi telah berbaik hati dengan menawarkan driver cadangan, namun kinerjanya tentu berbeda dengan driver asli. Contoh yang paling nyata adalah driver VGA. Windows tetap akan menampilkan gambar dan berjalan lancar meski kita tidak pernah menginstall driver bawaan kartu VGA. Namun terkadang peralihan tampilan akan tampak terputus-putus. Permasalahan ini baru akan selesai jika kita update driver VGA dengan driver bawaan perusahaan yang bersangkutan.
Perusahaan biasanya telah membawakan satu paket driver bersama dengan hardware saat konsumen membeli dalam bentuk CD/DVD. Namun tidak jarang karena suatu dan lain hal driver tersebut hilang tak tahu rimbanya.. Nah, sebelum itu semua terjadi, ada baiknya kita berkenalan dengan program yang satu ini. Driver Genius namanya. Program ini mampu membackup dan me-restorasinya saat diperlukan. Silakan baca ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Persiapan
Driver genius dapat anda peroleh di situs resminya, Driver-Soft.com. Di sana Anda akan mendapatkan Driver Genius versi Demo, yakni versi program yang berjalan sesuai rentang waktu tertentu sejak instalasi. Biasanya driver genius akan bertahan hingga 30 hari. Selain itu, dalam versi ini Anda hanya bisa melakukan beberapa fungsi saja, yakni backup (penuh) dan restorasi (sebagian). Fungsi penuh dari program ini dapat Anda nikmati setelah Anda membayar sejumlah dollar untuk lisensi tiap instalasinya..
Tenang, paling tidak kita bisa pakai fungsi backup nya :D
Setelah Anda download, silakan install ke PC yang ingin Anda backup/restore drivernya.
Setelah semua siap, kita berlanjut ke proses Backup/Restore berikut ini.
Backup Driver
Cara membackup driver dengan Driver Genius sangat mudah. Namun untuk melakukan backup, pastikan dulu bahwa Anda telah melakukan instalasi Driver Genius dengan sempurna. Selanjutnya:
  1. Jalankan Driver Genius. Anda akan mendapatkan tampilan jendela popup ‘Scan Computer Now‘ seperti berikut ini. Anda tidak perlu melakukan scanning. Klik pada lambang ‘X’ di pojok kanan atas popup untuk menutup jendela popup.
    driver-genius-1-awal
  2. Ini tampilan utama Driver Genius. Di sisi kiri berjajar menu utama program. Anda bisa lihat menu Backup Drivers, Restore Driver, Update dan yang lain…
    driver-genius-1-awal2
  3. Pilih menu Backup Driver, Pilih checkbox driver yang akan dibackup, kemudian klik [Next]
    driver-genius-2-backup1
  4. Pilih Tipe file output backup dan lokasi penyimpanan. Ada 3 pilihan backup; Autoinstaller, Folder dan File ZIP. Saya sarankan Anda pilih ZIP atau Utoinstaller agar data lebih aman dan tinggal Ekstrak jika ingin me-restore kelak.. Pilih [Next]
    driver-genius-2-backup2
  5. Driver Genius akan menjalankan aksinya.. Tunggu beberapa saat.
    driver-genius-2-backup3
  6. Proses backup selesai. Ketika ada Konfirmasi Update drivers, Klik [No] kemudian klik [Finish]
    driver-genius-2-backup4
Restore Driver
Untuk melakukan restore, Anda harus sudah memiliki daftar driver yang dibackup dengan menggunakan Driver Genius sebelumnya. Tanpa file backup ini, Anda tidak bisa melakukan restorasi driver. Langkah restorasi driver adalah sebagai berikut:
  1. Jalankan Driver Genius 2007
  2. Pilih menu Restore Driver, Pada tampilan kanan, pilih juga source (baca= sumber) file backup driver, atau pilih dimana lokasi folder hasil ekstraksi driver seperti disebut pada langkah backup di atas. Klik [Next]
    driver-genius-3-restore1
  3. Windows akan melakukan analisa koleksi driver Anda. Tunggu beberapa saat…
    driver-genius-3-restore2
  4. Klik pada driver yang ingin Anda restore. Jika tidak bermasalah, Anda bisa langsung klik [Next]
    driver-genius-3-restore3
  5. Tunggu beberapa saat hingga restorasi berhasil, Klik [Finish]
    NB: Jika Anda menggunakan versi demo, Anda hanya akan bisa mengembalikan data driver VGA dan Chipset saja.
Mudah bukan? selamat mencoba.

[Download Driver Genius]
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Segitiga Ilmu | Getaran Ilmu | Bang Tomo
Copyright © 2012. Segitiga Ilmu - All Rights Reserved
Created By Creating Website | Modified SnowClift
powered by Blogger