Distro Linux: Ubuntu

Monday, May 20, 2013

Hello bloggers, bukan seperti biasanya saya membuat artikel tentang opensource, namun karena dukungan saya yang besar terhadap pengaplikasian opensource di Indonesia, maka saya mulai saat ini akan memulai artikel-artikel yang menarik tentang opensource. Dimulai dari yang saya bisa tentunya, hehe... Selama ini saya menggunakan sistem operasi Ubuntu di notebook saya. Ubuntu itu salah satu distro Linux berbasis Debian. Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd yang dimiliki oleh seorang kosmonot asal Afrika Selatan, Mark Shuttleworth. Ubuntu mempunyai arti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia", makna ini diambil dari sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. Ubuntu dapat digunakan secara bebas.


Kenapa saya memakai Ubuntu? Dikarenakan Ubuntu adalah sistem operasi yang saya anggap paling mudah dipelajari. Tidak hanya berdasarkan menurut saya saja, tetapi juga berdasarkan data di DistroWatch.com yang menunjukkan bahwa distro Ubuntu adalah yang paling diminati dan digunakan di antara distribusi linux lainnya di seluruh dunia.

Secara rutin Ubuntu dirilis tiap 6 (enam) bulan sekali, dimulai pertama kali pada bulan Oktober 2004. Dengan dukungan yang besar baik itu dari kalangan komunitas pengguna Ubuntu di tiap negara maupun dari dukungan para ahli dan profesional, saya berkeyakinan bahwa distro ini akan selalu tumbuh dan berkembang tanpa batasan karena distribusinya yang bebas.

Ubuntu dirilis dalam 3 (tiga) edisi, yakni Ubuntu Desktop Edition, Ubuntu Server Edition, dan Ubuntu Netbook Edition. Ubuntu juga memiliki banyak versi, antara lain:
1. Edubuntu, Ubuntu untuk pendidikan;
2. Kubuntu, Ubuntu dengan KDE;
3. Lubuntu, Ubuntu dengan LXDE;
4. Xubuntu, Ubuntu dengan Xfce;
5. Sabily (Ubuntu Muslim Edition);
6. Ubuntu Christian Edition;
7. Buddhabuntu (Ubuntu Buddhist Remix); dan
8. Fluxbuntu.

Ubuntu bebas diunduh di Ubuntu.com, dan jangan lupa bloggers, kalau Anda takut mencoba Ubuntu (atau distro linux lainnya) hanya karena takut tak bisa mengoperasikannya. Ingatlah dahulu sebelum Anda memakai sistem operasi berbayar yang sekarang kalian pakai, dulu juga Anda tak langsung bisa memakainya kan? Semua butuh tahap pembelajaran jika kita ingin bisa, yang penting adalah niat yang kuat untuk bisa. Saya bisa, kenapa Anda tidak? Selamat mencoba! :)
Share this article :

1 comment:

  1. BlueHost is ultimately the best hosting provider with plans for any hosting requirements.

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda, Semuanya Akan Saya Balas Dengan Backlink Gratis Di Blog Doffolow Saya,, Tapi Ingat Berkomentarlah Dengan Sopan Dan Wajar,,, Salam hangat Segitiga Ilmu...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Segitiga Ilmu | Getaran Ilmu | Bang Tomo
Copyright © 2012. Segitiga Ilmu - All Rights Reserved
Created By Creating Website | Modified SnowClift
powered by Blogger