Membuat ISO DVD Opensuse dan Menambah Image Installation Source

Thursday, May 2, 2013


Beberapa waktu lalu, OpenSUSE 11.1 sudah dirilis. Setelah download cukup lama, akhirnya kita bisa dapatkan software yang kita nanti-nantikan. Setelah kita install, rasanya sayang jika DVD tersebut dibawa kemana-mana. Belum lagi kalo masih diperlukan buat install program repository.. Kalo bisa DVD tersebut biar bersih, tak tergores dan hanya keluar jika memang kebutuhan sudah darurat. Sayang, udah lama banget downloadnya..
Nah, ingin tau cara mudah membuat image ISO dan menambahkannya ke dalam resource instalasi Linux Anda? Silakan simak tulisan berikut.

Linux memang agak berbeda dengan Sistem operasi lain, katakan saja Windows. Kalo di Windows, pengguna dimanjakan untuk bisa langsung menggunakan setiap program langsung, dalam kondisi fit. Lain halnya di linux, kadangkala jika kita menjalankan program, komputer mengingatkan bahwa ada codec, repository files, atau program tambahan yang harus diinstall dulu. Di sini nilai seni Linux. Dengan cara ini kita dituntut tahu dan terus belajar, belajar dan tambah pengetahuan. Betul?
Nah, kalo kita selalu mengandalkan pada keping DVD/CD saja untuk nginstall plus tambah program, kasian Drive kita kalo selalu dipaksa kerja ekstra terus menerus.. Baiknya kita buat image ISO dari keping DVD/CD instalasi Linux kita. Biarkan keping DVD menjadi koleksi yang bisa dijadikan bahan cerita buat anak cucu… ck.. ck.. ck..
Oke, mari kita fokus ke Langkah-langkah berikut. Sebagai catatan, command berikut sudah dicoba dan sukses openSUSE 11.
Pertama, kita perlu membuat direktori di mana nantinya kita simpan file ISO kita. dalam hal ini saya menggunakan lokasi /home/sources
mkdir /home/sources
1. Buat ISO dari DVD Anda dengan perintah berikut:
mkisofs -iso-level 4 -J -R -o /home/sources/OpenSUSEx86_64.iso /media/SU1101.001/
2. Sekarang tambahkan ISO tersebut ke dalam resource repository kita
zypper ar -c -t yast2 “iso:/?iso=/home/sources/OpenSUSEx86_64.iso” “openSuSE 11.1″
3. Periksa apakah ISO sudah masuk dalam daftar repository, perhatikan: repository di baris pertama biasanya berisi rekaman keping DVD fisik kita.
zypper repos
4. Sekarang, kita bisa hapus DVD repository fisik dari daftar repository, pilih angka berdasarkan perintah no.3 di atas.
zypper rr 1
5. Aktifkan automatic refresh (optional)
zypper mr -r “openSuSE 11.1″
6. Sekarang, kita bisa coba install dari ISO repository yang barusan kita buat, misalnya locate
zypper in -y locate
Ada komentar?
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Segitiga Ilmu | Getaran Ilmu | Bang Tomo
Copyright © 2012. Segitiga Ilmu - All Rights Reserved
Created By Creating Website | Modified SnowClift
powered by Blogger